Surel

Surat elektronik sudah mulai dipakai pada tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan komputer bingkai utama yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara yang menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.

Surel merupakan singkatan dari surat elektronik atau yang bisa disebut email. Surel sendiri berisi pesan dalam bentuk teks, file, gambar, atau lampiran lainnya yang dikirim melalui jaringan internet ke individu atau kelompok tertentu.

Dikutip dari Computer Hope, surel pertama kali dikirimkan oleh Ray Tomlinson pada 1971. Tomlinson mengirim surel tersebut kepada dirinya sendiri sebagai percobaan. Isi dari surel tersebut adalah “something like QWERTYUIOP”.

Surel akhirnya semakin berkembang dan masif digunakan oleh banyak orang. Pada 1996, ada lebih banyak surel yang dikirim dibanding surat pos.

Apa itu Surel dan Contohnya

Jika ingin mengirim atau menerima email, maka kamu harus membuat surel yang disediakan oleh beberapa developer. Saat ini, kamu bisa membuat alamat surel melalui Microsoft Outlook, Mozilla Thunderbird, Yahoo, dan Gmail.

Ilustrasi nama alamat surel. Foto: Umar Tusin/Kumparan

zoom-in-white

Perbesar

Ilustrasi nama alamat surel. Foto: Umar Tusin/Kumparan

Nama surel terdiri dari tiga bagian, yaitu nama pengguna atau instansi, ikon at ‘@’, dan domain yang digunakan. Ikon at ‘@’ digunakan untuk membatasi alamat email dan sudah digunakan sejak email pertama yang dikirimkan oleh Ray Tomlinson.

Cara Mengirim dan Menerima Surel

Ilustrasi mengirim dan menerima surel. Foto: Striving Blogger via Unsplash

zoom-in-white

Perbesar

Saat menulis email, kamu diharuskan untuk mengisi alamat email tujuan, subjek, dan isi pesan. Jika ingin mengirim pesan ke dua alamat surel yang berbeda, alamat surel penerima harus dipisahkan dengan menekan tombol spasi atau tab pada keyboard.

Pada bagian subjek, kamu harus mengisi beberapa kata yang menjelaskan isi email. Subjek sendiri sangat membantu penerima surel untuk melihat isinya tanpa harus membuka dan membaca email secara lengkap.

Bagian surel yang terpenting adalah kolom pesan atau disebut ‘Message Body’. Pada bagian ini, kamu bisa memasukkan pesan teks, menyisipkan gambar, file, atau audio.

Syarat Menggunakan Surel

Jika ingin mengirimkan pesan melalui surel, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan. Berikut adalah syaratnya:

Email harus memiliki nama pengguna yang diikuti dengan ikon at ‘@’. Kemudian, diikuti juga dengan nama domain.

Nama pengguna tidak boleh lebih dari 64 huruf. Lalu, nama domain tidak boleh lebih dari 254 huruf.

Beberapa developer surel tidak mengizinkan spasi dan karakter khusus, seperti ( ) , : : < >.

Nama pengguna dan alamat email secara keseluruhan tidak dapat dimulai atau diakhiri dengan titik.

Keuntungan Menggunakan Surel

Ada banyak keuntungan dari penggunaan surel dibandingkan surat pos. Beberapa keuntungan dari penggunaan surel adalah:

Pengiriman pesan gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli prangko.

Menjangkau berbagai negara di dunia.

Pengiriman instan.

Dapat melampirkan file dokumen atau gambar.

Bisa disimpan untuk jangka panjang.

Ramah lingkungan (paperless).

Perbedaan Email Client dan Webmail

zoom-in-white

Perbesar


Webmail dan email client menjalankan fungsi yang sama, yaitu mengirim dan menerima email. Namun, email client mengharuskan penggunanya untuk meng-instal software ke perangkat yang digunakan.

Tanpa software yang ter-instal, pengguna tidak akan bisa mengakses email. Contoh dari email client adalah Mozilla Thunderbird, DreamMail, Microsoft Outlook, dan Mailbird.

Berbeda dengan email client, dalam webemail kamu bisa mendapatkan layanan akses email gratis yang di-hosting secara cloud. Layanan cloud secara otomatis akan menyinkronkan email pengguna ke perangkat yang digunakan.

Itulah penjelasan mengenai apa itu surel. Pesan tersebut sering kita gunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pekerjaan hingga bisnis.


Postingan populer dari blog ini

Produksi Massal

Perencanaan

Macam - macam sikap dan perilaku wirausaha