Mengenal Search Engine Marketing (SEM) Dasar
SEM singkatan dari Search Engine Marketing. Pengertian SEM adalah mengoptimasi website agar muncul di mesin pencari dengan memanfaatkan iklan. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM dibutuhkan trik mengiklankan website secara tepat menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan sebagainya. Jelas dalam penerapan metode ini dibutuhkan biaya pula.
Search Engine Marketing yang mana merupakan strategi digital
marketing untuk menempati halaman pertama google dengan keyword tertentu dengan
cara berbayar. Jadi kita menggunakan platform iklan google ads berbayar agar website
kita bisa muncul di halaman pertama google dengan cepat.
Ada banyak sekali metode yang dapat di gunakan dalam pemasaran suatu produk atau jasa. Di dalam dunia internet marketing pasti anda sudah tidak aing lagi dengan istilah SEO (Search Engine Optimization). Metode ini bertujuan untuk melakukan optimasi terhadap website supaya mendapatkan peringkat tertinggi di hasil pencarian. Tapi sebenarnya ada satu metode lagi yang juga tidak kalah efektif, yaitu SEM (Search Engine Marketing).
Di kalangan internet marketer istilah SEM atau Search Engine Marketing sudah sangat familiar di dengar. Karena memang metode SEM sendiri masik cukup berkaitan dengan metode SEO. Lalu apa itu SEM dan apa saja manfaatnya untuk bisnis? Semua itu akan kita bahas secara lebih lengkap dalam artikel kali ini.
Pengertian SEM (Search Engine Marketing)
Pengertian SEM (Search Engine Marketing) adalah sebuah
metode di mana anda dapat mengiklankan website di mesin pencari. Perlu anda
tahu kalau di pencarian ada dua hasil yang akan anda temukan yaitu hasil
organik dan hasil dari iklan. Iklan yang muncul di hasil pencarian inilah yang
di sebut dengan Search Engine Marketing.
Hampir semua mesin pencari saat ini sudah memiliki fitur SEM mulai dari Google sampai Bing. Namun yang paling banyak di gunakan orang adalah Goggle. Alasannya adalah karena Google hampir menguasai 90% pangsa pasar. Sehingga peluang untuk mendapatkan banyak traffic dari iklan di Google sangatlah besar.
Sesuai dengan definisi di atas jika SEM adalah sebuah metode untuk mengiklankan website. Sehingga anda harus mengeluarkan sejumlah biaya untuk beriklan. Kebanyakan mesin pencari seperti Google menggunakan sistem Pay Per Click (PPC). Di mana anda hanya akan di minta untuk membayar jika ada orang yang mengklik iklan anda.
Apa Manfaat SEM untuk Bisnis Anda?
Dari penjelasan di atas mungkin anda pasti sudah tahu
pengertian SEM. Namun apakah anda sudah mengetahui apa saja manfaat dari SEM
(Search Engine Marketing) untuk perkembangan bisnis anda? Layaknya sebuah
metode pemasaran tentu tujuan utama dari SEM adalah untuk mempromosikan sebuah
bisnis.
1. Pencapaian Target
Dengan menggunakan SEM maka pencapaian anda bisa lebih
tertarget. Dengan menggunakan SEM anda juga akan mendapatkan pemasaran yang
jauh lebih spesifik dan relevan dengan website atau produk yang ingin anda
tawarkan. Hal itu juga akan berdampak pada peningkatan traffic ke website anda
dan sudah pasti keuntungan yang di dapatkan juga akan semakin besar.
2. Dapat Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan
Di dalam sebuah bisnis tentu saja keberadaan pelanggan
menjadi hal yang sangat penting. Tidak hanya pelanggan yang berada di sekitar
anda saja, melainkan juga pelanggan yang berada di lokasi atau tempat lain
tentu akan memberikan peluang yang jauh lebih besar dalam meningkatkan
pemasaran website atau produk anda. Dengan menggunakan SEM anda dapat
menjangkau lebih banyak pelanggan dari seluruh dunia.
3. Kontrol Menyeluruh
Dengan menggunakan SEM sebagai sarana untuk mempromosikan
bisnis atau produk, membuat anda memiliki keleluasaan dalam mengontrolnya.
Mulai dari segi biaya, timeline hingga hasil yang ingin di dapatkan. Kontrol
ini juga meliputi pemilihan kata kunci, jenis iklan bahkan demografi yang sesuai
dengan website atau produk yang akan di promosikan.
4. Percakapan & Konversi yang Meningkat
SEM menargetkan pemasaran yang relevan dan sesuai dengan
website atau produk yang ingin di promosikan. Hal ini tentu akan berdampak pada
peningkatan konversi terhadap search marketing. SEM menggunakan iklan berupa
link yang jika di klik akan langsung mengarah ke situs website produk yang di
promosikan.
Tentu saja ini akan mengeluarkan biaya untuk membayar setiap klik iklan yang di dapatkan. Meski begitu, sampai saat ini Search Engine Marketing (SEM) masih menjadi sarana promosi iklan berbayar yang paling banyak di gunakan orang. Alasannya karena anda akan mengeluarkan lebih sedikit biaya ketimbang menggunakan sarana promosi iklan berbayar lainnya.
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian SEM (Search Engine Marketing) beserta manfaatnya untuk perkembangan bisnis anda. Meskipun terdengar mudah namun di butuhkan cukup pengalaman agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika anda masih cukup awam dengan metode SEM ini, anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing yang sudah cukup banyak bermunculan di internet.
