Pengertian Sumberdaya Usaha
Sumber
daya merupakan kebutuhan untuk menghasilkan produk atau jasa yang kemudian
dapat diperjualbelikan oleh sebuah usaha. Menurut Zakky Fathoni s.p.,m.Sc
sumber daya usaha adalah sumber daya yang diperlukan untuk mewujudkan peluang
usaha.
Empat kelompok sumber daya yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha yaitu :
1).Sumber daya material
2).Sumber daya finansial
3).Sumber daya manusia
4). Sumber daya informasi
Unsur manajemen menurut para ahli :
1). Menurut Harrington Emerson Phiffner Jhon dan Presthus Robert,
yaitu man (manusia), money (uang), material (objek), machine (mesin) dan method
(cara kerja).
2). Menurut Mooney James, yaitu man (manusia), facilities
(fasilitas) dan method (cara kerja).
3). Menurut Peter Drucker yaitu posisi pasar, produktivitas,
sumber daya fisik dan keuangan, profitabilitas, inovasi, prestasi dan
pengembangan manajemen dengan memperhatikan kualitas manajemen, prestasi dan
sikap, serta tanggung jawab, solusi dan public (umum).
George
Terry dalam bukunya "Principle of Management" mengemukakan
ada 6 unsur manajemen yang dikenal dengan 6M, yaitu sebagai berikut.
1. Man (Sumber Daya
Manusia)
Dalam
manajemen, faktor manusia menjadi faktor paling utama dan menentukan, manusia
lah yang membuat tujuan dan manusia juga yang melakukan proses untuk mencapai
tujuan tanpa adanya manusia, tidak ada proses kerja.
a). Faktor faktor yang
harus diperhatikan dalam merencanakan sumber daya.
b). Faktor analisis
jabatan
c). Faktor kebutuhan
jabatan
d). Faktor aturan
tugas dan tanggung jawab karyawan
e). Faktor kebutuhan
perekrutan
2. Money (Biaya)
Money atau dana dibutuhkan oleh
sebuah usaha untuk membiayai operasional usahanya, baik untuk kegiatan produksi
maupun penjualan.
Contoh hal yang
perlu direncanakan untuk sumber daya usaha :
a). Bahan baku
b). Tenaga kerja
c). Listrik, telepon,
internet, dan biaya administrasi
d). Kemasan
e). Bahan perlengkapan
atau tambahan
3. Material (Bahan Baku)
Bahan
baku adalah bahan bahan yang digunakan untuk mencapai tujuan, yaitu
menghasilkan produk jual. Banyak manfaat yang diperoleh jika melakukan
perencanaan bahan baku :
a). Mempunyai
standarisasi bahan dalam jumlah, ukuran, jenis dan merek bahan baku.
b). Mengetahui pemasok
atau penyedia bahan baku yang sesuai dengan harga yang bersaing.
c). Dapat menghitung harga pokok produksi
produk yang akan di jual.
Contoh standarisasi
bahan baku :
1). Bahan baku utama
2). Jenis bahan pelengkap
3). Kebutuhan bahan
4). Merek bahan baku
5. Harga bahan baku
4. Machine (Mesin)
Mesin mempunyai peranan penting
dalam proses produksi terutama untuk jenis usaha yang memerlukan peralatan untuk
menghasilkan produk.
Contoh perencanaan
mesin untuk usaha pembuatan konten video youtube (jenis mesin) :
1). Kamera DLSR /
mirrorless
2). Tripod kamera
3). Lensa
4). Laptop untuk
editing Pentium/MacOS
5. Method (Metode atau Cara Kerja)
Metode
kerja yang sesuai standar amat dibutuhkan agar pekerjaan dapat dijalankan
secara efektif dan efisien.
6. Market (Pasar)
Pasar adalah sekumpulan pembeli
dan penjual yang bertransaksi atas suatu produk atau kelas produk tertentu.
Contoh perencanaan
pasar dan pengelompok kan nya
1). Pasar menurut
tingkat usia dan jenis kelamin:
Laki laki atau
perempuan usia balita, usia 7 -12 tahun, dll.
2). Pasar menurut
tingkat pendidikan atau profesi :
TK-SD, SMP-SMA/SMK ,
D1, D3, S1, S2, S3, dll.
3). Pasar menurut
wilayah:
Kelurahan, Kecamatan,
Kotamadya kabupaten, Pulau Jawa, Desa terpencil, Indonesia dan Malaysia, dll.
4). Pasar menurut
tingkat ekonomi:
Menengah kebawah,
keatas, penghasilan 1-3 juta rupiah dan lain lain.
5). Pasar menurut
segmentasi :
B2B distributor, agen/
grosir, pengecer atau penjual langsung, dll.