Penentuan Media Pormosi Online

 Bagaimana cara menentukan media promosi? Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih media promosi online. Mengingat banyak sekali jenis-jenis promosi yang dapat dilakukan untuk mendukung pemasaran online.

Tetapi, Anda cukup pahami beberapa hal untuk mendapatkan media promosi terbaik, agar usaha laris manis.

1. Menentukan budget

Langkah pertama adalah menentukan budget yang dikeluarkan untuk media promosi. Melakukan promosi yang optimal tidak harus mengeluarkan budget besar.

Terkadang, ada yang sudah mengeluarkan banyak dana, ternyata promosinya tidak efektif. Dengan menentukan budget, Anda lebih mudah menentukan media yang akan digunakan sebagai kegiatan promosi.

Tetapi, penentuan budget harus rasional, dan tidak mengada-ada. Anda bisa melakukan survei kecil-kecilan, dengan bertanya kepada orang-orang yang pernah memasang iklan di internet. Atau mencari tahu lewat Google atau komunitas digital marketing.

2. Menentukan segmentasi pasar

Langkah kedua, hampir sama seperti pemasaran offline, yaitu menentukan segmentasi pasar. Misalkan, kita mempromosikan mobil import, lalu menyebarkan brosurnya ke anak SMA.

Tentu saja brosur sebagai media promosi terbuang sia-sia. Agar hal seperti itu tidak terjadi, Anda harus menentukan untuk siapa produk dibuat? Siapa yang menggunakannya?

3. Tentukan audiens

Langkah ketiga dalam cara menentukan media promosi adalah menentukan audiens berdasarkan media sosial.

Selain itu, mencari tahu platform media sosial yang biasa digunakan calon konsumen Anda. Misalkan, jika segmentasi Anda hampir seluruhnya aktif di Facebook. Anda bisa fokus melakukan pemasaran online lewat Facebook.

Jika target audiens adalah remaja, bisa memakai media promosi seperti, Instagram, Snapchat, Youtube, Vine, Tumblr.

Sebaliknya, jika target adalah kalangan pebisnis bisa menggunakan LinkedIn sebagai media promosi untuk mengembangkan bisnis. Tetapi, jika target audiens Anda tidak tinggal di kota besar, Facebook menjadi sarana promosi yang efektif.

Target audiens yang berasal dari kalangan influencer atau blogger. Lebih efektif menggunakan media promosi seperti Instagram dan Blog.

4. Platform media sosial yang sesuai

Selanjutnya menentukan platform media sosial yang sesuai dengan bidang bisnis. Ketika sudah menentukan target audiens, Anda juga harus menggunakan platform yang cocok dengan bentuk bisnis.

Misalkan, Instagram dan Pinterest cocok untuk bisnis yang menampilkan gambar produk dengan fotografi cantik.

Sedangkan, media seperti Facebook dan Twitter bisa digunakan untuk bisnis yang menghasilkan konten editorial. Konten tersebut dibagikan lewat tautan, sangat efektif bila dibagikan dengan Facebook maupun Twitter. Tetapi, Youtube, Snapchat, dan Vine, lebih cocok mempromosikan video atau konten yang akan menjadi film.

5. Fokuskan promosi di salah satu media

Jadi, Anda harus menemukan maksimal dua media sosial yang sesuai dengan jenis bisnis. Kenapa hanya dua? Agar Anda fokus melakukan promosi di media tersebut, dan update konten secara rutin.

Media sosial yang konsisten mengupdate konten, lebih berpeluang dikunjungi audiens.

 

6. Ciptakan konten yang menarik

Setelah menentukan media promosi yang akan digunakan, dan segmentasi pasar. Anda harus menyusun strategi untuk menciptakan konten yang menghiasi media promosi.

Karena, konten dapat mempengaruhi calon konsumen untuk membeli produk Anda.

Bagaimana Menciptakan Konten Promosi yang Baik?

Strategi yang digunakan untuk menciptakan konten promosi adalah menciptakan kesadaran brand bisnis pada konsumen.

Konten ini berisikan tentang informasi mendasar tentang barang atau jasa yang Anda tawarkan. Jadi, memperkenalkan kepada konsumen tentang apa produk ini, dan apa yang ditawarkan.

Strategi lain membuat konten promosi adalah memancing konsumen untuk membeli produk Anda melalui penawaran menarik.

Misalkan, mengupload konten tentang diskon, kelebihan produk, atau testimoni. Anda juga bisa membagikan konten lama, agar dapat dilihat kembali oleh calon konsumen.

Dari pembahasan tersebut, cara menentukan media promosi online bukanlah hal yang sulit. Pemasaran online memang membutuhkan biaya, tetapi tidak sebesar biaya pemasaran offline.

Tetapi, Anda harus menciptakan strategi pemasaran melalui konten menarik yang di upload ke media sosial. Karena konten merupakan ujung tombak dalam pemasaran online.

Jenis Media Promosi Online Paling Populer

Berikut ini adalah beberapa media promosi secara online yang paling baik dan direkomendasikan untuk digunakan.

1.    Google Ads

Media ini penting diketahui,merupakan media yang dibuat langsung oleh pihak google. Sebagai media pengiklanan maka secara tidak langsung google ads memiliki beberapa manfaat, salah satunya ialah target pasar yang bisa diatur.

2.    Instagram

Media sosial ini tentu memiliki market pasar yang cukup luas saat ini. Media pemasaran menggunakan trik tagar dinilai efektif untuk menunjang kualitas penjualan menjadi lebih baik.

3.    Instagram Ads

Media ini merupakan produk dari media sosial instagram yang berbayar untuk kepentingan pengiklanan.

4.    Marketplace

Media keempat ini tentunya sangat banyak dan mudah ditemukan. Sebagai media penjualan maka fokus marketplace memang menyediakan ruang terbuka untuk melakukan transaksi jual beli.

5.    Marketplace ads

Penggunaan media ini merupakan salah satu fasilitas yang diberikan oleh pihak setiap marketplace dengan ketentuan berbayar. Semua produk dan sistemnya akan diatur langsung oleh pihak masing-masing.

6.    Facebook Ads

Saat ini media sosial facebook menyadari betul kebutuhan setiap penggunanya untuk melakukan penjualan online. Hal inilah yang kemudian membuat pihak facebook menyediakan jasa periklanan.

7.    Media forum

Sebagai salah satu media yang masih berkembang penggunaan forum nampaknya juga bisa menjadi salah satu alternatif.



Postingan populer dari blog ini

Produksi Massal

Perencanaan

Macam - macam sikap dan perilaku wirausaha