Manfaat dan Tujuan Penerapan SOP Proses Kerja
SOP memiliki manfaat dan tujuan yaitu:
1. Sebagai standarisasi cara yang dilakukan karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi
tugasnya.
2. Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin
dilakukan oleh seorang karyawan atau pelaksana dalam melaksanakan pekerjaannya.
3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan
tugas dan tanggung jawab individual karyawan dan organisasi secara keseluruhan.
4. Membantu karyawan menjadi lebih mandiri dan tidak
tergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan
pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
5. Meningkatkan akuntabilitas pelaksanaan tugas.
6. Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan
karyawa cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi
usaha yang telah dilakukan.
7. Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan
pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
8. Menjamin
konsistensi pelayanan kepada masyarakat, baik dari sisi mutu, waktu, dan
prosedur.
9. Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang
harus dikuasai oleh karyawan dalam melaksanakan tugasnya.
10. Memberikan informasi bagi upaya peningkatan
kompetensi aparatur.
11. Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikul
oleh seorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya.
12. Sebagai instrumen yang dapat melindungi karyawan dari
kemungkinan tuntutan hukum karena tuduhan melakukan penyimpangan.
13. Menghindari tumpang tindih pelaksanaan tugas.
14. Membantu penelusuran terhadap kesalahan-kesalahan
prosedural dalam memberikan pelayanan.
15. Membantu memberikan informasi yang diperlukan dalam penyusunan standar pelayanan, sehingga sekaligus dapat memberikan informasi bagi kinerja pelayanan.