Fungsi dan Manfaat HPP dan BEP
Fungsi Break Even Point (BEP)
BEP digunakan untuk menentukan hal – hal seperti berikut :
1.
Jumlah penjualan minimum yang harus
dipertahankan agar perusahaan tidak mengalami kerugian, jumlah penjualan
minimum ini berarti jumlah produksi minimum yang harus dibuat
2.
Jumlah penjualan yang harus dicapai untuk
memperoleh laba yang telah direncanakan atau dapat diartikan bahwa tingkat
produksi harus di tetapkan untuk memperoleh laba tersebut
3.
Mengukur dan menjaga agar penjualan dan tingkat
produksinya tidak lebih kecil dari nilai BEP
4.
Menganalisis perubahan harga jual, harga pokok
dan besarnya hasil penjualan atau tingkat produksi. Sehingga analisis terhadap
BEP merupakan suatu alat perancanaan penjualan dan sekaligus perencanaan
tingkat produksi, agar perusahaan secara minimal tidak mengalami kerugian. Selanjutnya
karena harus memperoleh keuntungan, berarti perusahaan harus berproduksi diatas
BEP.
Manfaat Break Even Point (BEP)
BEP amatlah penting jika kita membuat sebuah usaha agar kita
tidak mengalami kerugian, baik itu usaha yang bergerak di bidang jasa atau
manufaktur. Berikut ini adalah manfaat dari BEP :
1.
Alat perencanaan untuk menghasilkan laba
2.
Memberikan informasi mengenai berbagai tingkat
volume penjualan, serta hubungannya dengan kemungkinan memperoleh laba menurut
tingkat penjualan yang bersangkutan
3.
Untuk mengetahui hubungan volume penjualan yang
di produksi, harga jual dan biaya – biaya yang dikeluarkan, sehingga laba rugi
perusahaan akan diketahui.
4.
Untuk mengetahui jumlah penjualan minimum (dalam
unit produk maupun satuan uang) agar perusahaan tidak mengalami kerugian
5.
Mengevaluasi laba dari perusahaan secara
keseluruhan
6.
Mengganti system laporan yang tebal dengan
grafik yang mudah dibaca dan di mengerti
7.
Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan
harga jual
8.
Sebagai bahan atau dasar perusahaan untuk
mengambil keputusan dalam hal – hal berikut:
a.
Jumlah penjualan minimal agar prusahaan tidak
mengalami kerugian
b.
Jumlah penjualan yang harus dicapai untuk
memperoleh keuntungan tertentu
c.
Seberapa jauh berkurangnnya penjualan agar
perusahaan tidak mengalami kerugian
d.
Untuk mengetahui bagaimana efek perubahan harga
jual, biaya dan volume penjualan terhadap keuntungan yag diperoleh