Pengertian dan Tujuan Pengujian Fungsi Produk
Adalah kegiatan yang merupakan salah satu tahap dalam pengembangan dalah kegiatan yang merupakan salah satu tahap dalam pengembangan produk baru. Sebelum diproduksi dan dipasarkan, produk baru terlebih dahulu diuji untuk memdapatkan umpan balik dari kelompok konsumen yang menjadi sasaran. Dengan pengujian konsep produk ini, perusahaan akan memperoleh produk atau merek yang mempunyai masa depan yang baik.
Produk atau konsep produk dapat disajikan baik secara simbolik
ataupun fisik. Konsumen dapat diberi deskripsi tentang produk, misalnya: produk
ini berupa sabun mandi yang dibubuhi bahan-bahan untuk menghaluskan kulit,
sekaligus mengurangi bau badan. Sabun ini diberi 3 macam pewangi, yaitu:
malati, mawar, dan jeruk; dibungkus dalam kotak dari karton tipis, dan dijual
dengan harga Rp 1.000 per buah.
Konsumen dimintakan pendapatnya tentang konsep atau produk
tersebut dengan segala atributnya. Setiap pengujian produk atau konsep produk
harus mencakup pertanyaan berikut :
- Apakah konsep nya jelas dan mudah dimengerti?
- Apakah anda melihat manfaat kas yang tidak terdapat pada produk lain dari pesaing ?
- Apakah Anda menyukai produk ini dibandingkan dengan produk lain?
- Apakah anda bersedia membeli produk ini ?
- Apakah produk ini memenuhi kebutuhan anda?
- Perbaikan apalagi yang anda usulkan atas produk ini?
Dengan pengujian produk ini, perusahaan dapat lebih memperkaya
konsep produk dan memilih yang terbaik. Metode ini dapat diterapkan untuk
produk atau jasa apa saja seperti mobil listrik, jasa perbankan yang baru,
jenis rekreasi yang baru, atau suatu program kesehatan titik banyak perusahaan
merasa puas bila sudah mendapatkan gagasan produk, dan tidak mematangkan
gagasan tersebut menjadi konsep untuk diuji. Produk tersebut tentu akan
mengalami banyak kesulitan di pasar, yang sebenarnya dapat dihindarkan bila sebelumnya
telah dikembangkan konsep produk dan diuji.
Tujuan dasar dari pengujian pasar adalah menguji produk itu sendiri, di dalam situasi yang
sebenarnya. Hasil-hasil pengujian pasar dapat dipakai untuk membuat perakitan
penjualan dan laba yang lebih baik .
Pengujian pasar mempunyai beberapa manfaat,
diantaranya :
- Untuk membuat peramalan penjualan masa datang yang lebih di percaya .
- Pengujian awal terhadap berbagai alternative rencana pemasaran .
- Perusahaan akan menentukan sumber kegagalan produk yang luput dari perhatian pada tahap pembuatan produk .
Pengujian
pasar menjanjikan informasi yang memadai untuk memutuskan jadi atau tidak
meluncurkan produk baru. Jika perusahaan melanjutkan dengan komersialisasi,
maka akan membutuhkan biaya yang sangat besar . Adapun keputusan yang perlu
dipertimbangkan secara matang dalam menentukan tahap komersialisasi, meliputi
kapan memperhatikannya, ke mana saja wilayah pemasarannya, kepada siapa, dan
bagaimana caranya .