Pengembangan Usaha
jika kamu memiliki usaha atau bisnis apakah yang menjadi tujuanmu? Mungkin jawabannya adalah keuntungan.
Jika usaha mengalami
kerugian, maka usaha tersebut akan dibenahi sehingga bisa mencapai keuntungan.
Namun jika usaha menghasilkan keuntungan, pemngembangan usaha tetap harus
dilakukan.
Dilansir dari Forbes,
pengembangan usaha adalah penciptaan jangka panjang bagi organisasi dari
pelanggan, pasar, dan interaksi di dalamnya. Hal ini berarti pengembangan usaha
bertujuan untuk mempertahankan usaha agar tetap produktif dan menghasilkan
keuntungan dalam jangka panjang.
Ada dua jenis pengembangan
usaha, yaitu:
Pengembangan vertikal
adalah pengembangan usaha dengan cara mengembangkan inti dari bisnis.
Pengembangan horizontal
adalah pengembangan bisnis yang tidak linear dengan inti bisnis, namun dapat
memperkuat inti bisnis tersebut.
Dalam mengembangkan usaha,
ada tiga buah aspek yang harus diperhatikan yakni:
Aspek penjualan
memerhatikan bagaimana penjualan barang tersebut, mayoritas umur, asal, dan
juga kecenderungan konsumen, dan proses penjualan.
Aspek manajeman
memperhatikan proses manajerial dari bisnis dimulai pembuatan produk,
perencanaan pemasaran, hingga perencanaan distribusi produk.
Aspek strategi mencakup
bagaimana cara pengembangan bisnis dengan meningkatkan kualitas produk, membuat
produk baru, atau bekerja sama dengan pihak lain.
Dari segi produk,
pengembangan usaha dilakukan dengan cara mengembangkan produk sesuai dengan
selera pasar, mengeluarkan produk baru yang inovatif, mencari cara efisien
dalam produksi sehingga produk berkualitas sama bisa dihasilkan dengan biaya
yang lebih rendah.
Dari segi penjualan,
pengembangan usaha dilakukan dengan membangun hubungan yang baik dengan
konsumen, melakukan penjualan melalui media sosial, memastikan kepuasan
konsumen, Integrasi adalah mengembangkan bisnis dengan cara memperbesar
perusahaan.
Misalnya suatu perusahaan
pembuat makanan ringan berupa keripik membeli toko baru sebagai cabang, membeli
perkebunan kentang untuk bahan baku, membeli perusahaan ekspedisi untuk
distribusi bahan baku dan pemasaran produk, serta membeli perusahaan percetakan
untuk menunjang kemasan dari produk.